Pages

February 13, 2008

Asus G1S: Notebook untuk Gamer

Performa prosesor dan kartu gafis notebook yang semakin bagus memunculkan notebook yang menyasar kalangan gamer. Salah satunya adalah Asus G1S, notebook layar 15,4 inci yang dilengkapi dengan kartu grafis kelas menengah dari nVidia, GeForce 8600M GT. Kartu grafis ini juga telah mendukung DirectX 10, sehingga mendukung semua feature yang ditawarkan Vista.
Karena mencoba memuaskan gamer, Asus mencoba tampil tuntas di sisi tata suara. Untuk menimbulkan sensasi suara yang memukau, GS1 memiliki speaker di sisi kiri, kanan, dan bawah notebook. Konfigurasi ini berhasil membuat suara yang dihasilkan cukup bertenaga, meskipun tetap terasa kurangnya sentuhan bass. Sedangkan untuk kualitas gambar, harus dibilang G1S salah satu yang terbaik. Viewing angle-nya luas di sisi vertikal dan horisontal, sehingga warna dan ketajamannya tetap prima dilihat dari berbagai sudut.
Bicara fasilitas, maka notebook ini harus berada di jajaran teratas. Perangkat optiknya sudah kelas HD-DVD, dan dilengkapi dengan konektor audio-video terkini, HDMI. Fasilitas lain yang unik dan belum pernah kami temui di notebook lain adalah konektor eksternal SATA (eSATA). eSATA secara teoritis bisa mengalirkan data sampai 300MB/detik, sehingga bisa menjadi alternatif menarik jika Anda sering melakukan back-up ke harddisk eksternal.
Kalaupun ada keluhan di sisi fasilitas adalah penempatan port USB. Keempat port ditempatkan di sisi belakang, agak menyulitkan penggunaannya padahal menancapkan USB flash disk adalah kegiatan rutin yang sering kita lakukan. Notebook ini memiliki bobot 3,1 kg, jadi jangan harap bisa membawanya bepergian dengan nyaman.
Tampilan notebook ini sendiri terbilang berkelas. Penggunaan bahan serat karbon yang hitam mengkilat membuatnya terkesan gagah. Apalagi Asus secara cerdik memadukannya dengan warna hijau terang (seperti di tombol dan panel di belakang kamera), membuat notebook ini terlihat makin gaya. Permukaan halus mengkilat itu ternyata juga tidak terlalu rentan sidik jari, sehingga tetap terlihat bersih meskipun sering terpapar tangan kami. Kami juga menyukai keyboardnya yang mantap saat diketik, utamanya karena tiap tombol terpisah dalam jarak yang besar dan terasa dalam.
***
Meskipun ditujukan sebagai notebook gaming, Asus GS1 pada dasarnya cocok bagi semua orang yang menginginkan notebook berkelas. Tidak cuma dari sisi performa, namun Asus GS1 juga terlihat gaya dari sisi penampilan. Apalagi fasilitas yang disertakan terbilang komplit, mulai dari HDMI, eSATA, sampai HD-DVD; sebuah kombinasi fasilitas yang belum pernah kami temui di notebook lain. Itulah yang mungkin menjelaskan harganya mencapai US$ 2099.
Plus: Dilengkapi dengan HDMI, eSATA, HD-DVD; Kualitas gambar dan suara bagus.
Minus: Port USB ditempatkan di belakang; mahal.
Skor Penilaian:
Kinerja: 4,25
Fasilitas: 4,8
Penggunaan: 4,05
Harga: 3
Skor Total: 4,1
Asus G1S

HASIL PENGUJIAN
Multitasking Office 2007
1 menit 1 detik
Membuat film
1 menit 58 detik
Encoding Video
26 menit 13 detik
Encoding Audio
2 menit 49 detik
DAYA TAHAN BATERE
Memutar HD Video
1 jam 16 menit
Battery Eater
1 jam 6 menit
SPESIFIKASI
Prosesor/memori
Intel T7500, 2,2GHz/2GB
Chipset/Kartu grafis
Intel 965 Express/GeForce 8600M GT
Harddisk/perangkat optik
SATA 200GB/HD-DVD
Fasilitas
WiFi a/b/g, Bluetooth, infra merah, Express Card, slot kartu memori (MMC, SD, MS), FireWire, USB 2.0 (4 buah), HDMI, eSATA (1 buah), S-Video, modem, LAN
Layar
15,4 inci, 1680x1050 pixel
Sistem Operasi
Windows Vista Home Edition
Kapasitas Batere
4800 mAh
Dimensi
32.4x28.4x3.74 cm
Bobot
3,1 kg
Garansi
2 tahun garansi internasional (kecuali batere dan adaptor-1 tahun)
Situs Web
www.asus.com
Harga Kisaran*
US$ 2099
*Astrindo Senayasa, (021) 612-1330

credit by http://www.tabloidpcplus.com/

0 comments: